Jumat, 20 Desember 2019

Inilah yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Bayi Mual bahkan Muntah




Unik Blog -Sering Anda jumpai terkadang beberapa bayi memang mengalami mual dan muntah, namun dalam beberapa kasus, mual dan muntah ini akan berhenti dengan sendirinya. Faktanya beberapa orang tua pasti merasa khawatir utamanya mereka yang baru saja melahirkan anak pertama. Apakah obat mual muntah bayi yang aman? Dan bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut?

Tips Ketika Bayi Mual dan Muntah
 
1.    Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap saat mual dan muntah. Ini bertujuan untuk mencegah muntah terhirup ke dalam pernapasannya. 

2. Berikan ia larutan elektrolit, seperti pedialyte selama 24 jam pertama mengalami mual dan muntah. 

3.    Bagaimana apabila si kecil masih minum ASI? Tetap berikan ia ASI selama dokter tidak menyuruh Anda memberhentikan pemberian ASI. ASI lebih mudah dicerna, sehingga larutan elektrolit tidak diperlukan pada bayi yang menyusu.

4.    Jika bayi minum susu formula, untuk mencegah dehidrasi berikan 10 ml pedialyte atau 2 sendok teh setiap 15-20 menit. Jika setelah minum muntah lagi, tunggu 30 menit dan coba minumkan kembali. Jika kondisi membaik, berikan susu formula pada si kecil setelah 8 jam tidak muntah.

5.    Tunggu 8 jam

Setelah 8 jam tidak muntah, untuk bayi di atas 6 bulan dapat diberikan buah atau sereal. Sedangkan anak yang lebih besar bisa diberikan kentang, roti, nasi, atau krakers. Tidak usah memberikan makanan ini dengan porsi banyak, sedikit namun sering justru lebih baik. Namun jika anak muntah lagi, berikan makan atau minum dalam jumlah yang lebih sedikit. 

6.    Segera ke dokter

Segera bawa ke dokter jika bayi Anda muntah disertai beberapa kondisi berikut:
·    12 jam berturut – turut bayi selalu muntah disertai gangguan pernapasan, gangguan neurologis, atau diare.
·    Lemas dan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.
·    Perut membuncit.
·    Nyeri perut sebelum muntah.
·    Isi muntah berwarna kehijauan.

Sedikit tips kesehatan kali ini adalah jika pemberian obat tertentu diduga menyebabkan bayi semakin mual, dan berakibat pada muntahnya semakin bertambah maka hentikan pemberian obat tersebut. Istirahatkan di tempat tidur dengan posisi telentang jika kondisi si Kecil terlihat lemah. Jika tetap ingin memberikan obat, hanya berikan obat jika benar-benar diperlukan.


EmoticonEmoticon