Selasa, 26 Maret 2019

Jamu beras kencur, bantu meningkatkan stamina

Wah, ngomongin perjamuan nih. Jamu adalah ramuan obat yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita, jaman dahulu masyarakat kita banyak yang mengkonsumsi jamu tiap hari dan memang terbukti tubuh mereka lebih sehat. Karena memang jamu akan menggunakan bahan-bahan dari alam yang banyak khasiatnya dan masih alami tanpa bahan kimia, ya jelas akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu jamu yang banyak khasiatnya adalah jamu beras kencur. Udah sering denger kan? Bahkan sering minum jangan-jangan? Hehe. Di berfaedah.com pernah diulas nih di tulisan yang judulnya 14+ manfaat beras kencur untuk kesehatan dan kecantikan. Lah, di tulisan kali ini akan bahas jamu beras kencur untuk menambah stamina.


Jamu beras kencur adalah ramuan jamu dari bahan dasar beras dan kencur. Beras adalah padi yang sudah dikupas dan juga tanaman rimpang berupa kencur. Beras mengandung karbohidrat yang tinggi, orang Indonesia banyak mengkonsumsinya dalam bentuk nasi. Lah satu cara untuk mengambil manfaatnya selain dimasak sebagai nasi adalah dengan membuatnya menjadi jamu yang dengan demikian kita bisa mengambil sari patinya.

Sedangkan kencur sendiri memiliki banyak manfaat yaitu dapat mengurangi pegal-pegal di tubuh dengan cara merelaksasikan otot-otot dalam tubuh, kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan, dapat mengurangi peradangan, kencur juga dapat menyegarkan tubuh. Dengan demikian mengkonsumsi kencur dapat meningkatkan stamina tubub kita. Selain itu kencur juga banyak mengandung zat-zat antioksidan yang dapat mengangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh kita sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dan pastinya tubuh kita akan semakin sehat.


Banyaknya manfaat dari beras dan kencur itulah kenapa dua bahan ini sering dipadukan menjadi jamu yang akan memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh ditambah dengan cita rasanya yang segar. Karena stamina yang bagus bagi seseorang adalah hal yang sangat penting. Dengan tubuh yang fit, badan yang segar, stamina yang kuat semua pekerjaan yang akan dilakukan menjadi tidak terbengkalai dan juga bisa menjadi manusia produktif yang dapat menggunakan peluang-peluang yang ada di depan mata dengan sangat maksimal.

Selain itu mengkonsumsi produk-produk alam seperti ini akan sangat banyak manfaatnya dibanding dengan mengkonsumsi makan cepat saji yang banyak mengandung msg yang akan merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi bahan alam ini juga kita dapat mendetox tubuh kita dari bahan-bahan yang seharusnya kita tidak makan sehari-hari. Yuk kita rubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat, mari sayangi tubuh kita karena segala penyakit berawal dari apa yang kita masukkan dalam perut kita.

Satu lagi nih, mari kita simak resep membuat jamu beras kencur. Biar kita bisa membuatnya sendiri di rumah jadi tidak perlu beli di luar yang kita tidak tahu bahan apa saja yang mereka pakai. Pertama kita gunakan kencur sekitar 5 cm, 4 kedawung, dan gula jawa, tumbuh hingga halus atau parut. Kemudian tambahkan air dan saring. Ambil beras segenggam sangrai kemudian haluskan. Atau beras rendam 3 jam kemudiam haluskan. Lali campurkan kencur, kedawung, gula jawa, dan beras yang sudah halus menjadi satu, tambahkan air dan koreksi rasa. Jika kurang manis boleh tambahkan gula jawa atau gula batu, jika ingin asam kita bisa tambahkan asam jawa atau jeruk nipis. Gimana mudah kan? Sudah mudah, murah, dan pastinya sehaaat. Sudah tak perlu lagi beli-beli di luar. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon