Kamis, 31 Januari 2019

Pikirkan Hal Ini Sebelum Memilih Kredit Mobil Bekas atau Baru


Kredit mobil bekas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kredit mobil baru. Keduanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, mulai dari pemilihan tipe mobil, pemilihan leasing, hingga pemilihan tenornya. Pembedanya hanya terletak pada hasil mobil yang Anda terima (baru atau bekas) dan besarnya uang Anda keluarkan, baik untuk uang muka maupun angsuran setiap bulannya. Nah, jika Anda berencana membeli mobil bekas maupun baru dengan cara kredit, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu.

1. Tipe Mobil

Pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika mobil tersebut hanya akan Anda gunakan sendiri, tidak perlu membeli mobil dengan ukuran besar. Berbeda halnya jika mobil yang Anda beli tersebut lebih banyak digunakan untuk keluarga besar, pastinya mobil dengan ukuran besar yang paling tepat Anda beli. Selain mempengaruhi harga pembelian, besar kecilnya ukuran mobil ini nantinya juga berpengaruh terhadap pengeluaran biaya perawatan selanjutnya. Dan, yang tidak boleh ketinggalan adalah biaya perawatan sekaligus harga jual kembali mobil tersebut. Semua hal tersebut harus menjadi pertimbangan.

2. Besarnya Uang Muka

Pihak Bank Indonesia telah mengeluarkan peraturan bahwa uang muka untuk kredit mobil sebesar 25 hingga 30 persen harga jual mobil. Ini artinya, jika mobil yang Anda inginkan mempunyai harga sekitar 180 juta, maka Anda harus menyiapkan dana untuk uang muka sekitar 45 juta hingga 54 juta rupiah. Jika uang Anda tidak sampai kisaran tersebut, sudah pasti yang harus Anda lakukan adalah menabung atau memilih tipe mobil yang mempunyai harga di bawah 180 juta. Kredit mobil bekas juga bisa menjadi pilihan jika memang tipe yang Anda inginkan tidak bisa diganggu gugat.

3. Total Pembiayaan Leasing atau Dealer

Pada umumnya, pihak leasing akan mengambil bunga sekitar 20% dari harga jual mobil. Bunga ini akan disebar, baik pada uang muka maupun cicilan setiap bulannya. Oleh karena itu, pada saat ingin melakukan kredit mobil bekas maupun baru, pastikan Anda menghitung dengan cermat uang muka dan cicilan setiap bulannya. Pilihlah leasing atau dealer yang memberikan total pembiayaan paling rendah. Selain itu, jangan lupa untuk mendapatkan asuransi dari sistem kredit yang Anda ajukan.
So, pikirkan 3 hal diatas sebelum Anda memutuskan untuk mangajukan kredit mobil bekas maupun kredit mobil baru. Jangan lupa baca tips mengatur keuangan untuk kredit mobil impian dengan mengklik link ini.




EmoticonEmoticon