Kamis, 12 Juli 2018

Sudah Tahu Mengenai Cara Merawat Motor Anda dengan Benar? Simak Tips Berikut!


Kendaraan roda dua kini mendominasi lalu lintas baik di perkotaan atau pedesaan. Selain lebih murah, motor dianggap lebih efektif menerobos kemacetan lalu lintas dibandingkan jenis kendaraan roda empat.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih pun membuat motor Suzuki varian terbaru bisa digunakan menjadi kendaraan favorit untuk bepergian jauh. Toh, bengkel resmi Suzuki ada di berbagai kota kecil yang memudahkan pengendara melakukan pengecekan atau service berkala.

Agar Anda bisa meminimalisir pengeluaran biaya ke bengkel, sebaiknya tahu cara merawat motor Suzuki kesayangan dengan benar. Berikut ada 5 tips dasar perawatan yang wajib diketahui para pemilik motor.

      1.      Ganti oli setidaknya dua bulan sekali

Oli merupakan salah satu komponen utama yang harus diperhatikan kalau ingin motor Anda melaju dengan maksimal. Pastikan Anda selalu rutin mengganti pelumas mesin ini setidaknya dua bulan sekali.

Pilih oli yang pas dan sesuai dengan kendaran di bengkel Suzuki terdekat, ya! Jangan lupa pula untuk mencatat tanggal terakhir penggantian oli kendaraan Anda agar daftar prioritas merawat mesin motor tetap terjaga.

      2.      Mengganti aki yang sudah habis

Tahukah Anda bahwa keluhan pengendara yang memiliki motor mendadak mogok disebabkan oleh masalah aki? Ya, aki yang rusak akan membuat motor Anda tidak mampu menyala. Pastikan Anda selalu mengecek komponen penting satu ini sebab pertanda aki mulai habis cukup mudah dikenali.
Lampu yang mulai terlihat redup, indikator lampu jauh, lampu sen pada speedometer tak lagi menyala serta double starter yang tak lagi bisa dipakai adalah pertanda kalau Anda harus segera mengganti aki motor.

      3.      Menggunakan lampu dekat dan jauh secara bergantian

Beberapa orang sering mengabaikan bahkan tidak tahu mengenai tips dasar merawat motor satu ini. Biasanya pengendara hanya menggunakan lampu dekat saja saat mengendarai motor baik siang atau malam hari.

Padahal, Anda bisa menggunakan lampu jauh untuk menggantikan lampu dekat. Hal ini bisa membuat daya tahan lampu lebih lama. Atur penggunaan dengan baik seperti menggunakan lampu jauh saat berkendara siang hari dan sebaliknya.

      4.      Mengecek kondisi ban sepeda motor

Apakah Anda tahu bahwa ban sepeda motor bisa saja menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa? Ada baiknya selalu cek kondisi ban sepeda motor sebelum berkendara. Kalau ban sering bocor, sebaiknya Anda pergi ke bengkel Suzuki untuk penggantian komponen sepeda motor yang sering diremehkan ini.

       5.      Melakukan service rutin tiap 5.000 kilometer

Kalau Anda awam terhadap perawatan motor yang baik, segera saja ajak kendaraan kamu melakukan service Suzuki rutin di bengkel kala speedometer menunjukkan angka 5.000 km.

Memilih pelayanan di bengkel resmi sangat dianjurkan untuk mengindari tindakan curang oknum bengkel yang mengganti sparepart orisinal motor Anda. Suku cadang imitasi bisa saja membuat motor mengalami kerusakan lagi sehingga bisa membuat pengeluaran Anda kembali membengkak.

5 kebiasaan di atas bisa menjadi poin penting dalam melakukan perawatan dasar motor Suzuki Anda. Jika mengalami masalah serius, Anda bisa langsung mengunjungi Bengkel Suzuki yang paling dekat dengan domisili untuk mendapatkan perbaikan maksimal.


EmoticonEmoticon